Kebiasaan-kebiasaan Orang yang sedang berpuasa

Puasa selama satu bulan penuh memang membutuhkan banyak energi dan terutama niat yang kuat agar tidak putus di tengah jalan. Sehingga banyak orang yang melakukan kebiasaan-kebiasaan yang ayalnya tidak dilakukan pada hari-hari biasa, agar tidak menghilangkan pahala puasa yang sedang dijalankannya. Berikut ini beberapa kebiasaan orang-orang yang sedang berpuasa :

 1. Wajib tidur
Akibat dari kurangnya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, kadang memang membuat kita merasa lemas. Maka kebanyakan orang akan mudah merasa ngantuk di setiap waktu. Walaupun dalam Islam sendiri dikatakan bahwa tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah, bukan berarti setiap waktu saat berpuasa hanya digunakan untuk tidur saja. Alih-alih mendapat pahala, malah mengurangi pahala ibadah puasa kita. Oleh sebab itu, aturlah pola istirahat kita sebaik-baiknya agar dapat beraktivitas dengan baik walaupun dalam keadaan berpuasa.

2. Menyadari kesalahan saat sedang membicarakan orang lain
Pada hari-hari selain bulan Ramadhan, biasanya dengan bebas kita membicarakan orang lain tanpa mengenal waktu dan tempat. Namun, tiba-tiba saat menginjak bulan Ramadhan, orang akan cepat menyadari kesalahannya saat sedang membicarakan orang lain. Saat membicarakan kelakuan atau sifat dari seseorang, dengan tiba-tiba pembicaraan itu diputus dengan alasan sedang berpuasa. Sebenarnya membicarakan orang lain atau biasa disebut Ghibah merupakan suatu hal yang memang dilarang, tidak hanya saat bulan Ramadhan saja, tapi juga di hari-hari lainnya selain bulan Ramadhan. Maka jagalah selalu ucapan kita, agar tidak merusak pahala.

3. Tertarik dengan banyak makanan sebelum berbuka
Entah jadi tradisi ataupun bukan, pada setiap bulan Ramadhan berbagai santapan menu berbuka menjadi lebih bervariasi dibandingkan hari-hari biasanya. Maka banyak orang yang mulai membeli berbagai variasi santapan tersebut untuk persiapan berbuka puasa nantinya. Padahal saat berbuka sendiri, perut tidak akan sanggup menampung semua makanan yang telah kita beli tersebut. Karena memang pada saat berpuasa, lambung kita kan mengecil seperti dalam keadaan normal. Sehingga terkadang banyak sisa makanan yang tak termakan dan akhirnya malah menjadi mubadzir. Oleh sebab itu, selektif lah dalam memilih makanan untuk berbuka puasa. Jangan hanya karena merasa ingin dan lapar sesaat kita malah jadi membeli semua makanan yang sebetulnya tidak akan mampu kita makan.

4. Tidak banyak marah, karena tahu akibatnya
Salah satu hal yang dapat mengurangi pahala ibadah puasa kita adalah marah. Maka banyak orang yang mulai terbiasa untuk mengendalikan dirinya saat hendak marah pada saat sedang berpuasa. Marah sendiri memang merupakan suatu reaksi emosi yang akan meluap bila menghadapi kondisi-kondisi yang tidak menyenangkan ataupun mengecewakan. Namun bila kita tidak dapat mengendalikan emosi tersebut, maka kita tidak akan mampu pula  untuk mengendalikan akal sehat kita. Tak banyak memang yang mampu mengendalikannya. Akan tetapi, dengan berpuasa setidaknya dapat membantu kita untuk lebih mengendalikan emosi tersebut agar tidak meluap dan malah mengurangi pahala ibadah shaum yang sedang kita jalankan.

5. Banyak beralasan saat hendak melakukan pekerjaan
Puasa biasanya dijadikan alasan seseorang saat hendak melakukan suatu pekerjaan. Misalkan saat diperintahkan untuk membuat laporan, kadang dengan seenaknya kita mengatakan "Nanti aja deh, aku lagi puasa neh, lemes.". Padahal seharusnya puasa itu sendiri tidak dijadikan alasan bagi kita untuk bermalas-malasan. Menurut ahli kesehatan, bukan puasa yang menjadikan kita malas dan lemas. Akan tetapi, pola istirahat dan makan kitalah yang menjadikan kita menjadi seperti itu. Maka aturlah kembali pola istirahat dan makan kita dengan baik dan benar, sehingga berbagai aktivitas dapat kita kerjakan dengan baik walaupun dalam kondisi sedang berpuasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Resep Bunda Catering Bandung

Berawal Dari Keahliannya dalam PERTANIAN

Pengennya ceh di Luar Negeri